This is a nice opportunity for you to show off your work using this amazing, clean and minimalistic template for blogger!

Kamis, Juli 9

Tips Ganti Template Blog (Part.1)

Setau saya, kalo orang baca artikel tutorial di web atau blog biasanya ga baca awalnya. Jadi, saya ga akan pake prolog dulu, langsung aja.

1. Dari awal.

Saya saranin kalo mau ganti template, dari pertama blogging. Soalnya nanti ribet kalo ganti template pas web atau blog kita udah rame ama gejet, tuh gejet bisa ilang. Dari pada ribet back-up script-nya mending dari awal.

2.Tanya temen yang udah punya blog.

Sebelumnya tanya temen atau sodara yang udah punya blog. Tanya 'donlot dimana templatenya?', 'susah ga ganti templatenya?' . Ini di lakukan buat ada bayangan buat ganti template blog kamu, juga mungkin di kasih tips tambahan.

3. Liat Liat template dulu.

Sebelum kamu donlot dan pake tu template liat preview-nya dulu atau kalo bisa cari template yang udah ada Demo. Demo atau template itu udah ada yang pake jadi kamu bisa tau di mana letak gejet kamu di simpen.

4. Sesuaiin sama keperluan.

Kalo kamu jadi blogger, biasanya kan promo ke blog direktori? . Ntar pasti suruh ambil gejet atau gambar blog direktori tertentu. Tu gambarkan butuh tempat? Kalo kamu niat pasang banyak gambar atau gejet cari template yang banyak kolomnya, supaya ga bribet. Kalo cuman sekedar tulis tulis mending pake template default aja.

5. Tentuin tema

Ini penting, masa bikin blog puisi cinta tapi template Item. Trus blog Lingkungan Hidup templatenya yang Musik. Kan ga nyambung? Meskipun bisa di ganti, tapi kan ga usah ribet lagi.

6.Tetapkan pilihan

Tetepin pilihannya, soalnya ntar bakal jadi identitas kamu di internet. Ga percaya? Misalnya :

Netters A : eh, tau blog tryfatur.blogspot.com ga?

Netters B : yang mana ? <bingung>

Netters A : itu yang COKLAT – COKLAT templatenya

Netters B : owh yang keren ituh!

Netters A : yo a!

Nah, keliatan kan?

7. Pelajari dikit – dikit

Kalo udah mantep pilih template, kan di donlot tuh trus aplod-kan. Nah, pelajarin dikit dikit contoh sederhananya cari URL header misalnya, trus liat di internet tuh URL jadinya gambar apa?. Contoh kalo belum ngerti :

Klo pke blogspot masuk edit HTML, trus cari tulisan spt "http://bla.bla/potoatas.jpg", biasanya depannya 'http://' akhirnya format gambar kaya *.jpg ; *.gif ;*.png. Copy alamatnya, paste di browser kamu. Ntar bakal keluar gambar, nah cocokin dah ama yang di blog.

8. Mau modif apa aja.

Templatekan biasanya monoton, trus kalo mau bagus harus di editkan? Pilih dulu mau di edit apanya. List di bawah ini yang umum di modif para blogger :

-> Read More

Fasilitas ini penting, supaya ga ribet ntarnya

-> addthis.com

Ini biasanya ada di bawah posting

-> header

Yang pertama nampak di blog adalah ini, biasanya di buat di photoshop, aplod ke photobucket.com trus ganti URL yang lama.

-> Ganti URL di mana-mana

Kalo default nya tulisanya 'post comment rss', 'home', 'comment rss' Kalo masih bingung, ntar di kasih tutorialnya.

Menurut pengalaman saya, kalo epilog juga ga akan di baca, jadi ngapain di tulis. Tapi biar keren tulis aja lah. Nanti di lanjutin untuk tutorialnya, makanya kalo mau di lanjutin komen dong.

0 komentar:

Posting Komentar