This is a nice opportunity for you to show off your work using this amazing, clean and minimalistic template for blogger!

Kamis, Juli 23

Streaming Radio

Pernah denger radio? Pasti jawabannya pasti udah dan pasti itu, tapi kalo ditanya denger radio di computer udah belum? Bingunkan jawabanya…atau mungkin jawab mana mungkin…
Sekarang mungkin, coba cek ke radio.simaya.net.id . Disana kamu bakal dapetin beberapa list radio terkenal di Indonesia, mulai dari Bandung, Jakarta dan sekitarnya. Cukup dengan mendownload sebuah file berekstensi *.pls dan ukurannya ga terlalu besar kok ga akan lebih dari 150 Kb. Ini disebut streaming, singkatnya streaming adalah proses atau system internet yang mentransfer data dari sever secara nonstop. Trus apa bedanya dengan Youtube? Bedanya, server youtube sudah mempunyai file-nya dan dapat dengan mudah di nikmati si client. Sedangkan siaran radio berbeda dengan video,mengapa? Kerena video pasti berdurasi tetapi siaran radio tidak dapat di ukur, selama radio tersebut masih bekerja selama itu juga server terus mentransfer data siaran radio. Trus pernah denger Streaming Siaran TV?, itu juga sama aja dengan streaming lainya. Tapi mengapa streaming video dan siaran radio lebih cepat siaran radio?. Itu dapat di karenakan beberapa kasus, yaitu

1. Bandwith atau kecepatan akses data sebuah koneksi Internet.
Sebuah warnet memiliki bandwith sebesar 3 Mbps, dan mempunyai client 10 nah mulailah pembagian. Biasanya si sever mengambil bandwith besar, sebut saja 1 Mbps. Warnet tersebut masih mempunyai sisa 2 Mbps lagi kan? Hitung saja 1024 x 2 : 10 = 204,8 Kbps. Jadi sebuah computer client pada warnet ini memiliki Bandwith sebesar 204,8 Kbps itu artinya kita hanya menggunakan bandwith sebesar itu untuk Internetan. Ini juga merupakan jawaban mengapa jika warnet kosong atau sepi koneksi akan lebih cepat? Itu di karenakan bandwith yang tidak terpakai biasanya akan melimpah pada bandwith yang terpakai, bias menjadi 2x lipat atau mungkin lebih.

2. File yang besar membuatnya lambat.
Tau sendirikan kalo file video itu ga pernah kurang dari 1 Mb apalagi Youtube, jadi ini akan berpengaruh pada saat menonton video.

3. File *.pls yang ringan
Proses streaming dengan simaya.net hanya cukup dengan aplikasi WMP atau WinAmp, lagi pula siaran radio tidak pernah menampilkan gambar atau video sekalipun.

4. Pengguna atau user.
Ini juga perlu di perhatikan, semua request data pasti ujungnya pada server. Kalo requestnya banyak? Otomatis tidak akan semaksimal melayani 1 atau 2 request saja. Karena apa? Jika banyak user yang me-request sebuah video pada youtube, pasti akan terjadi Collisions atau tabrakan data antara data masuk dan keluar otomatis tidak semua request terpenuhi. Sepintar pintarnya sebuah computer Server sekalipun server pabrikan SUN atau CISCO jika permintaan membludak pasti akan lambat.

Kalo belum paham, next posting bahas tentang streming deh..Sampe ketemu di posting berikutnya..

0 komentar:

Posting Komentar