This is a nice opportunity for you to show off your work using this amazing, clean and minimalistic template for blogger!

Senin, Juli 20

Antisipasi Virus

Huwf…Balik lagi dari istirahat posting, meskipun rating alexa mulai membaik tapi tetp aja page rank mh blum dapet, ada satu artikel nih based on true story.

Suatu hari, komputer saya ga bisa masuk ‘Desktop’. Karena saya merasa koputer saya bebas virus, saya tidak khawatir. Tapi seminggu kemudian komputer saya makin melambat, padahal baru saja saya upgrade RAM. Ketika saya curiga ini semua perbuatan virus saya mencoba men-scan komputer saya dengan PCMAV dan kamu tau apa yang terjadi?. Sebuah dialog box keluar dengan kalimat (langsung artinya)“PCMAV sudah terinfeksi virus atau ada sebuah kerusakan. Coba update dengan yang baru”. Dan dugaan saya selama ini salah.Ok, virus pertamanya di buat untuk megetahui seberapa kuat sebuah file di rusak, tetapi banyak di salah gunakan. Sebuah opini tertulis ‘Mungkin saja virus yang selama ini ada justru buatan sebuah AntiVirus itu sendiri’. Mungkin itu salah satu strategi bisnis tapi disini saya tidak akan bahas itu semua. Kalo PC atau Laptop kamu baru format ulang atau baru beli ada beberapa langkah yang harus kamu lakuin :
1. Gunakan Fitur yang ada.
Inilah mengapa Sistem Operasi Windows mengijinkan sebuah user menggunakan lebih dari satu partisi, artinya biarkan System berada dalam satu partisi C: misalnya. D; E; seterusnya gunakan sebagai data kamu. Jadi ketika terjadi sesuatu data kamu bisa selamat dan jangan terlalu banyak menyimpan data di folder ‘My Dokumen’ selain jika kamu format ulang PC atau Laptop ga ada yang ilang. Trick ini juga dapat mempercepat proses booting karena ketika PC mem-booting windows akan membaca semua data yang ada di Drive C:.
2. Manfaatkan antivirus
Sebuah komputer bisa menggunakan lebih dari 1. Tetapi gabungkan dengan bukan antivirus ‘galak’. Misalnya, AVG dan Kaspersky TIDAK BOLEH digabungkan karena komputer akan menjadi crash atau bahasa Swedianya nge-hang.
3. Back Up yang memang penting.
Penting dalam artian kamu sulit mendapatkannya, data kerjaan, portofolio tugas. Karena apa, kamu bakal uring uringan kalo data penting itu hilang.

Nah, sekarang kalo PC kamu kena virus. Ini tipsnya
1. Yakinkan dulu
Ciri sebuah virus itu bersarang di komputer kita adalah terjadinya banyak eror di sana sini.
2. Manfaatkan kesempatan
Sebuah virus juga akan ada masa unactive atau tidak berfungsi sementara nah ini saatnya kamu melakukan restore data. Tetapi bebrapa virus menyembunyikan fitur fitur penting dalam windows, tapi jangan panik, coba masuk ke folder system32,Ini otaknya windows. Tapi kemungkinannya sedikit komputer bisa selamat dari virus yang bersarang di windows .
3. Aktifkan antivirus
Coba dari yang paling aman dulu, gunakan PCMAV. Bukanya promosi, tapi setau saya hanya PCMAV yang tidak pernah menghapus sebuah file. Setelah menggunakan PCMAV, baru gunakan antivirus yang kamu percaya kalo dengan PCMAV tidak berhasil.

Kalo udah beres tentang virus, baru masa recovery….
1. Cukup 1 software
Tune Up Utilities. Gunakan semua fasilitas Tune Up dengan sebaik baiknya mulai dari Increase Performance sampai Clean Up Windows.
2. Hati – Hati hardisk
Hardisk memang paling sensitif, oleh karena itu rutinlah melakukan chkdsk setiap 2 minggu sekali, hanya untuk berjaga jaga.

Saya sarankan lakukan hal di atas dari pagi hari, karena ini akan memakan waktu lama karena harus me restart beberapa kali untuk menghilangkan eror dan men-set ulang file windows yang berantakan oleh virus

0 komentar:

Posting Komentar