This is a nice opportunity for you to show off your work using this amazing, clean and minimalistic template for blogger!

Minggu, Juli 5

Sulitnya Mendapatkan "Blog Validator"

Saya, seorang blogger. Saya selalu meninggalkan jejak dengan komentar di mana-mana.Pada suatu saat saya mengunjungi sebuah weblog yang sudah bersertifikasi “Feed Validator” 9.1.Apa itu Blog Validator?

Jika, kamu menuliskan keyword “Blog Validator” di google, maka kamu akan mendapatkan list yang berjuta juta, salah satu linknya adalah w3.org. Validator adalah sebuah system yang di miliki oleh internet yang berfungsi untuk memberikan sebuah laporan tentang struktur bahasa pemrograman sebuah website seperti CSS, XML, XHTML, HTML. Sebuah blog validator biasanya memberikan laporan tertentu tentang struktur sebuah blog yang kita masukan kedalam suatu kolom yang disediakan oleh website validator. Seiring perkembangan jaman, blog validator akan memberikan beberapa kategori yang akan di ujikan pada sebuah blog dan kategori tersebut akan selalu update. Mulai dari CSS validation, jika sebuah weblog bisa mendapatkan banner CSS validation maka blog tersebut lulus dalam pengujian struktur CSS. Feed Validator, nah kalo ini biasanya di sediakan oleh freevalidator.org, standar terakhir feed validator ini sudah mencapai 9.1. Setiap standarnya akan berbeda-beda tentang kriterianya. Misalkan, sebuah blog mendapat sebuah sertifikat lulus feed validation, tapi ketika keluar standar baru feed validation versi 9.2 umpanya blog tersebut belum tentu mendapat sertifikatnya. Itu di karenakan struktur pemrogramannya tidak cocok dengan kriteria yang di berikan. Nah, yang paling hebat jika sebuah blog mendapatkan sertifikat lulus XHTML, artinya blog tersebut bisa nampang di handphone yang rada jadul GPRS-nya, tapi jangan di samain sama BB (BlackBerry) dan iPhone 3G tetang GPRS-nya.

Bagaimana Blog Validation bekerja?
Sebenarnya sih gampang dimengerti, coba dateng ke totalvalidator.com . Di sana akan terdapat sebuah kolom URL, isi alamat blog kamu di situ. Setelah di submit, maka akan keluar hasil yang menunjukan struktur weblog kamu. Untuk yang bebas eror akan langsung dii beri sebuah script banner tentang ’blog ini lulus validasi’. Jika di lihat ke halaman bawah, makan akan terlihat bebrapa list yang eror yang tidak cocok dengan standar XML misalnya. Walaupun begitu, belum tentu kamu juga gagal melewati standar lainnya. Tetapi biasanya akan terpampang didalam sebuah daftar yang berisi apa saja yang di ujikan pada blog kamu, dan itu pasti lebih dari satu kategori CSS, HTML, XHTML dan XML misalnya.

Mengapa sulit mendapatkannya ya?
Setiap blogger pada dasarnya pasti ingin membuat blog lebih menarik untuk dilihat, tetapi justru faktor inilah yang paling rawan eror dalam sertifikasi. Meskipun jika dalam template blog script itu dapat di baca dengan baik, tetapi bisa saja tidak dibaca dengan baik oleh blog validator. Selain itu, struktur penempatan juga ambil bagian. Misalkan, menambahkan fasilitas addthis pada sebuah template, kemudian widget, java script, dan yang lainnya. Meskipun ini tidak terlalu penting, tetapi ini sangat berharga untuk keseriusan anda sebagai blogger.

Lebih lanjut :
>http://www.totalvalidator.com/validator/ValidatorForm
>http://www.totalvalidator.com/validator/Validator
>http://beta.feedvalidator.org/

0 komentar:

Posting Komentar