This is a nice opportunity for you to show off your work using this amazing, clean and minimalistic template for blogger!

Jumat, Mei 15

WolframAlpha, Saingan Google



Sebuah terobosan dalam dunia web telah diperkenalkan oleh Wolfram Research yang berbasis di Amerika. Adalah WolframAlpha, layanan baru dalam dunia web yang diklaim mampu menjawab pertanyaan query yang beragam. Sistem anyar tersebut diperkenalkan pertama kali di Harvard University, US pada awal Mei ini.

Stephen Wolfram (sang pembuat layanan) mengatakan kalau mesin pencari (search engine) buatannya ini berbeda dengan search engine tradisional seperti Google dan Yahoo. Pada Google maupun Yahoo bekerja menemukan apa saja hanya ketika pengguna sedang online. Selanjutnya apabila ditemukan halaman web yang memiliki kata di query, search engine tersebut akan merankingnya berdasarkan relevansi yang ada.

Nah, apa yang dikerjakan WolframAlpha memang berbeda. Search engine ini tidak mencari dari data melalui web, namun akan mencarinya melalui kumpulan data. Jadi, di sini tim peneliti Wolfram sudah membuat database ilmu pengetahuan berdasarkan kumpulan data, mulai dari fakta dari World Almanac hingga data fisika dan ilmu pengetahuan lainnya. Bagaimana proses pengumpulan datanya? Sebanyak 100 pegawai Wolfram Research telah mengumpulkan data-data tersebut dan memverivikasinya selama beberapa tahun.

Saat pengguna mengetikkan pertanyaan ke dalam query, WolframAlpha akan mencoba mencari relevansi dari kata kunci yang diinput. Sebagai contoh, apabila pengguna mengetikkan "Berapa jumlah proton pada atom Hydrogen" atau "Berapa liter darah dalam tubuh manusia" atau "Berapa jarak bumi ke matahari", maka WolframAlpha akan menjawab sesuai algoritma matematika. Menurut sumber berita yang kami lansir, WolframAlpha telah hadir di bulan Mei ini melalui wolframalpha.com.

0 komentar:

Posting Komentar